5 Film Populer Terbaik Sepanjang Masa yang Asyik Diputar Ulang

Salah satu kunci berhasilnya film populer di dunia bisa dinilai dari seberapa lama alur ceritanya terpahat di benak penonton. Kalau ada film yang bagus, tapi belum ada sebulan saja sudah lupa, berarti tidak masuk kriteria film terbaik. Film yang terbaik sepanjang masa selalu asyik ketika diputar ulang berapa kali pun. Kamu mau tahu apa saja judul filmnya?

1. Ran (1985)

Terceritalah sebuah film dengan kultur Jepang yang sangat kental dengan film berjudul “Run”. Di abad pertengahan Jepang, ada seorang preman yang agak tua. Dia memutuskan pensiun jadi preman dan menyerahkan mandatnya kepada putranya. Tapi di sisi terdalamnya dia takut kalau anaknya belum siap menghadapi kekejaman dunia yang baru untuknya.

Judul “Run” benar-benar mengimplementasikan film dengan sajian yang unik dan bikin perasaan tegang. Sang anak mantan preman yang disegani itu rupanya tidak sama dengan ayahnya. Dia memiliki sifatnya sendiri yang mungkin akan terus membekas di hati para penonton. Para pemain film ini benar-benar totalitas dalam membawakan setiap karakter.

2. 4 Months, 3 Weeks, and 2 Days (2008)

Film ini memiliki setting tempat di Romania. Fokus utama film ini tertuju pada kisah seorang perempuan yang membantu temannya melakukan aborsi. Setting waktu dalam film terjadi pada tahun 1980-an. Bayangkan. Di tahun itu saja praktik aborsi sudah dilarang oleh pemerintah, apalagi sekarang.

Kisah menariknya bukan pada waktu teman perempuan itu melakukan aborsi. Akan tetapi konflik sudah dimulai sejak mereka mencari jalan terbaik agar proses aborsi baik-baik saja tanpa dikenai oleh hukum. Setiap scene-nya selalu berbuah moral untuk para penonton. Film ini sudah banyak menginspirasi para perempuan agar tidak terpancing melakukan aborsi.

3. Gone With the Wind (1940)

Para kritikus film menghadiahi film ini dengan kredit nilai 97 dari total 100. Bahkan film ini telah memenangi 8 Academy Award, termasuk menjadi pemenang dari pengambilan viewi terbaik. Film ini berkisah tentang perang antara sipil dengan para petugas rekonstruksi daerah setempat. Banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik dari film ini.

4. Moonlight (2016)

Para kritikus menghadiahi nilai untuk film ini sebesar 99 dari total 100. Luar biasa. Film ini memang digadang-gadang tidak akan pudar meskipun waktu mungkin lekas berlalu. Keberhasilan sebuah karya seni diukur dari sini. Film ini menjadi salah satu film populer terlaris sepanjang masa. Soalnya mampu menggebrak tabu yang beredar di beberapa titik.

Bercerita tentang sejarah hidup seorang lelaki muda yang berkulit hitam. Sejak kecil hingga dewasa, ia banyak sekali mengalami bentrokan. Barangkali kamu tidak akan sanggup kalau bertukar posisi dengannya. Pengalaman hidup yang keras telah banyak mengubahnya menjadi sesosok lelaki bermental baja.

5. Citizen Kane

Film ini oleh para kritikus menjadi film terbaik dari film terbaik sepanjang masa. Pastinya kamu penasaran, kan? Konflik film ini dimulai dari sebuah kematian dari seorang yang kaya. Tetapi dalam penyiaran kematiannya banyak sekali terjadi kejanggalan. Konflik dalam film ini sangat klimaks dan kompleks pada setiap babak.

Dengan mengambil genre misteri, pemeran utama bernama Orson Welles tampil memukau meski film tersebut jadi film pertama yang dibintanginya. Banyak rumor berseliweran kalau film ini diilhami dari kisah nyata dari seorang pebisnis yang cukut terkenal dengan nama Willam Randolph Hearst. Apakah benar atau tidak? Kamu tonton sendiri, ya.

Apakah di antara kelima film populer sepanjang masa di atas sudah ada yang kamu tonton? Sayang sekali kalau belum pernah nonton salah satunya. Meskipun mayoritas judul film yang ditampilkan di atas cukup jadul, tapi soal kualitas tidak perlu diragukan lagi. Dengan minimnya peralatan bikin film, justru efek kreatif dan berbagai pengujian timbul di sana.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *