Cara Memotong Cakar Kucing yang Mudah

Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang paling sering dipelihara. Kucing memiliki watak yang tenang dan senang dimanja. Selayaknya hewan pada umumnya, maka kucing juga memiliki bagian tubuh berupa kuku. Kuku kucing ini menjadi senjata utama bagi kucing selain taringnya. Kucing juga senang merawat kukunya agar menjadi tajam dan lancip. Tetapi sayangnya kuku kucing ini terkadang merugikan bagi para pemeliharanya. Karena tidak jarang kucing senang memainkan kukunya pada perabotan yang ada dalam rumah. Misalnya pada meja, kursi, karpet, hingga tembok. Untuk menghindari kerusakan lebih lanjut dalam perabotan dalam rumah, maka kita bisa mencoba cara memotong cakar kucing yang mudah berikut ini.

Cara memotong cakar kucing dengan aman

Cakar kucing sebenarnya bisa anda potong di petshop atau dokter hewan. Tetapi jika anda merasa hal tersebut merepotkan, maka cakar kucing bisa dipotong sendiri di rumah. Benda yang perlu anda siapkan tentunya adalah gunting kuku untuk kucing. Cara memotong cakar kucing yang pertama adalah dengan menekan dahulu telapa kaki kucing. Tujuannya adalah guna mempermudah memotong kaki kucing. Ketika anda menekan telapak kaki si kucing, maka otomatis kuku kucing akan keluar dan memudahkan kita untuk memotongnya. Setelah berhasil mengeluarkan kuku kucing dari dalam telapak, maka mulailah perhatikan posisi dalam menggunting kuku. Prinsip utama yang dipegang adalah pemotong kuku berada di atas, bukan dari samping. Jika dilakukan dari samping bisa-bisa kuku pecah.

Setelah memposisikan potongan kuku secara vertikal dari atas, maka cara memotong cakar kucing yang selanjutnya adalah mulai memotong. Potonglah cakar kucing dengan benar dan tentunya berhati-hati. Manusia saja akan merasa kesakitan ketika kukunya terpotong terlalu dalam, kucing pun juga sama. Potong bagian ujungnya saja yang terlihat tips dan runcing. Jangan memotong cakar kucing pada bagian batas daging atau yang berwarna merah. Sebaiknya juga jangan memotong kuku pada bagian jempolnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Perlakukan kucing anda seperti anda memperlakukan anak bayi yang hendak dipotong kukunya.

Cara memotong cakar kucing yang berikutnya adalah dengan memotong kukunya satu persatu. Lakukan pekerjaan ini dengan berhati-hati dan rapi. Karena memotong kuku ini pekerjaan yang berhubungan dengan kesehatan si kucing, maka anda juga harus berhati-hati. Jangan sampai kucing terluka ketika dilakukan proses pemotongan cakar kucing ini. Beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang pemotongan cakar kucing antara lain seperti, kuku kucing sebaiknya dipotong dua minggu sekali. Biasanya dalam dua minggu kukunya akan kembali runcing. Jika kucing masih memiliki kebiasaan mencakar perabotan dalam rumah, maka sebaiknya sediakan benda untuk mencakar dan melatih ketajaman kukunya. Tempat yang bisa digunakan biasanya berupa papan kayu.

Kucing sebaiknya dibiasakan untuk digunting kukunya sejak ia masih bayi. Dengan begitu ia tidak akan merasa ketakutan lagi ketika dilakukan pemotongan cakar kucing lagi. Berbeda jika anda baru memutuskan untuk memotong cakar kucing ketika dia sudah besar. Tentunya wajar jika kucing merasa tidak nyaman dan menjadi mengamuk. Jika kucing merasa tidak suka ketika kukunya dipotong, maka sebaiknya berilah jeda waktu dalam pemotongan kuku. Misalnya memotong satu bagian kuku atau dua bagian kuku dalam satu hari. Sisanya bisa dilakukan keesokan harinya agar kucing tidak marah dan bisa membiasakan diri. Itulah beberapa cara memotong cakar kucing yang mudah dan semoga bisa anda terapkan sendiri di rumah.

(Visited 60 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *