Reksadana Saham Atau Pasar Uang yang Lebih Menguntungkan? Simak Ulasannya Berikut Ini!

Mempunyai uang yang banyak akan percuma jika Anda tidak memanfaatkan untuk berinvestasi ke masa depan. Sekarang ini cara berinvestasi sudah semakin banyak jenisnya baik melalui situs jual beli online atau offline, salah satunya dengan cara reksadana  yang mudah dan juga menguntungkan. Tetapi dalam menentukan jenis investasi apa yang tepat Anda juga perlu mempertimbangkan banyak hal antara lain modal, pengetahuan, resiko, keuntungan, jangka waktu dan lain sebagainya. Karena dalam berinvestasi juga ada kemungkinan buruk terjadi tetapi tidak kalah banyak orang yang memperoleh keuntungan dengan cara berinvestasi tersebut.

Apalagi jika Anda merupakan salah satu pemula yang baru akan mencoba mencari keuntungan dalam berinvestasi. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum memulai berinvestasi, antara lain:

 

  • Mengatur tujuan.

Tujuan utama investasi itu adalah mencari keuntungan, makanya dari keuntungan tersebut Anda harus menentukan tujuan dari hasilnya. Misalnya investasi untuk jangka pendek biaya sekolah, biaya pembangunan rumah, atau pun jangka panjang. Nah, itulah yang mesti Anda pahami terlebih dahulu supaya lebih mudah untuk menentukan jenis investasinya.

 

  • Resiko investasi.

Apapun jenis investasi yang Anda ambil tentunya mempunyai resiko yang mengancam entah itu dalam tingkat rendah, sedang ataupun tinggi. Jangan pernah mengambil resiko besar untuk mengikuti berbagai macam jenis investasi karena hal itu malah membuat Anda tidak fokus dan akhirnya mengalami kerugian.

 

  • Dasar investasi.

Dalam melakukan investasi Anda juga memerlukan trik ataupun strategi khusus untuk mendapatkan hasil yang maksimal mungkin. Karena tanpa pemahaman dasar investasi walaupun itu jenis investasi yang Anda ambil termasuk mudah tetap saja kemungkinan buruk mengalami kerugian.

 

  • Menggunakan uang sendiri.

Sangat disarankan untuk tidak menginvestasikan dengan uang pinjaman dari bank ataupun jenis layanan pinjaman lainnya. Karena itu akan memperumit keuangan Anda, bukan keuntungan yang diperoleh tetapi malah kerugian. Anda bisa memilih jenis investasi reksadana yang dapat dimulai dari modal 100 ribu rupiah. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk memperhitungkan keuntungan dan juga hasil yang diperoleh.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memulai untuk berinvestasi dengan aman, mudah dan menguntungkan. Jika Anda memilih untuk mengambil jenis reksadana lebih baik juga dipertimbangkan lagi, karena banyak sekali jenis yang dapat disesuaikan dengan keuangan Anda, berikut ini beberapa jenis yang dapat Anda pilih, antara lain:

 

  • Pasar modal.

Dengan jenis ini berarti cara menginvestasikan uang Anda dalam beberapa investasi pasar uang seperti deposito, SBI, obligasi ataupun lainnya yang mempunyai jangka waktu yang telah ditentukan sekitar 1 tahun.

  1. Pendapatan tetap.

Dalam hal ini uang Anda akan diinvestasikan dalam dua jenis yaitu yang utama kedalam instrument obligasi lalu sisanya diinvestasikan kedalam pasar uang.

 

  • Campuran.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis pendapatan tetap tetapi untuk jenis ini dibagi menjadi sama besar dalam obligasi maupun saham.

 

  • Saham.

Modal Anda akan diberikan untuk investasi utama yaitu dalam hal saham lalu untuk sisanya akan dibagi ke instrument yaitu pada investasi pendapatan tetap ataupun pasar uang.

Nah, dari kesemuanya tersebut mempunyai kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Jadi sebelum Anda menentukan lebih baik untuk mencari tahu lagi terlebih dahulu informasi apa saja mengenai berbagai jenis reksadana tersebut. Untuk dipasaran sendiri yang sering digunakan dan banyak menjadi pilihan adalah jenis reksadana saham dan juga jenis pasar uang.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *