Telur Ceplok Santan Menu Sarapan Cepat Kaya Gizi

Telur cukup praktis untuk dimasak. Apalagi kalau pagi-pagi untuk sarapan dan hanya memiliki waktu yang singkat. Telur ceplok menjadi pilihan yang tepat. Tapi jika telur garing tanpa kuah yang kadang membuat sereten, mungkin Anda harus sedikit lebih kreatif. Yaitu membuat telur santan.

Nah kalau mendengar Telur Ceplok pakai santan, rasanya kog gak bisa cepat disajikan ya. Mengingat untuk buat santan saja kan butuh waktu yang cukup lama. Bayangka saja, kita butuh beli kelapa, lalu memisahkanya dengan tempurungnya. Setelah itu masih harus memarutnya. Memarut itu butuh waktu yang tak singkat. Setelah itu baru bisa diperas santanya. Bagaimana bisa cepat kalau begini?

Eits tenang saja, kita masih bisa menggunakan santan instan. Tapi masalahnya banyak kabar yang beredar bahwa santan instan itu tidak sehat, memiliki kualitas yang berbeda dengan santan langsung peras, juga rasa serta aromanya katanya juga berbeda. Kadang malah ada yang pakai bahan pengawet.

Resep Telur Ceplok Sasa Santan Kelapa

Tapi kamu semua santai saja, semua ada solusinya. Kita bisa buat Telur Ceplok Sasa Santan Kelapa. Yups kita pakai saja, santan instan bernama Sasa Santan Kelapa. Ini memang santan instan, tapi kualitas sama dengan santan yang baru diperas. Bahkan nih ya, santan ini hadir dalam kemasan sudah matang dan siap pakai tanpa pengawet. Jadi tidak salah kalau ini santan, punya kualitas aroma dan rasa sesegar kelapa yang langsung diperas. Tidak salah pula kalau ini santan cocok untuk segala masakan, baik minuman maupun makanan. Jadi kita pakai santan ini saja.

Resep kali ini untuk 4 porsi. Mari siapkan bahan-bahan.

  • Setengah kilogram telur atau 8 butir telur ayam
  • 1 bungkus Sasa Santan Kelapa
  • Minyak secukupnya
  • Air secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Karena bahan sudah siap mari

  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 4 butir kemiri
  • Garam secukupnya

Selain bumbu halus, siapkan pula bumbu kering yang langsung dimasukan.

  • Laos seukuran satu ruas jari cukup digeprek.
  • 1 lembar daun salam

Siapkan pula bawang goreng agar lebih nikmat. Dengan menggunakan 10 butir bawang merah yang dipotong halus dan digoreng kering.

Setelah bahan siap, mari memasak.

  1. Hidupkan kompor dengan nyala sedang setelah wajan ditaruh.
  2. Masukan minyak secukupnya untuk menggoreng telur.
  3. Ceplok satu per satu telur tersebut tanpa dibumbui apa-apa. Angkat telur dan tiriskan satu per satu.
  4. Setelah telur sudah diceplok semua, siapkan wajan dengan minyak sedikit juga nyala api kompor kecil untuk menumis bumbu. Bisa juga menggunakan wajah tadi tapi degnan catatan minyak dikurangi. Jangan sampai Anda memakan terlalu banyak minyak.
  5. Masukan bumbu yang sudah dihaluskan (bawang merah, bawang putih dan kemiri). Tumis hingga tercium aroma harum sekitar tiga menit.
  6. Masukan air secukupnya. Tunggu hingga mendidih.
  7. Tambahkan telur setelah air mendidih. Didihkan kembali air dan tunggu sambil mengaduk hingga air tinggal separo.
  8. Tambahkan Sasa Santan Kelapa dan penyedap rasa. Aduk hingga mendidih tapi jangan biarkan santan pecah dan menggumpal.
  9. Untuk rasa yang lebih nikmat tambahkan bawang goreng.
  10. Telur santan sudah siap dinikmati bersama dengan keluarga di pagi hari.

Itulah cara mudah memasak berkuah dengan Sasa Santan, Asli Santan yang tentu membuat telur tidak menjadi bosan untuk dimasak. Oleh karena itu, setiap membuat telur santan, tentu sasa santan adalah hal yang wajib digunakan. Jangan yang lain!

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *