5 Cara Membuat Nasi Tumpeng Jadi Menarik Dan Menggugah Selera

Nasi tumpeng seringkali disajikan pada acara tertentu seperti misalnya acara ulang tahun, selamatan, hari jadi dan lainnya. Bentuknya yang unik serta penyajiannya yang agak sulit membuat tidak semua orang bisa mengolah nasi tumpeng. Sebagian besar orang justru lebih memilih untuk pesan nasi tumpeng  daripada membuat sendiri. Alasannya, selain karena tidak ahli membuatnya, juga pastinya lebih praktis. Hanya perlu membayar sejumlah uang kepada pembuat nasi tumpeng, maka kita sudah bisa menikmati nasi tumpeng lengkap dengan sayur dan lauk pauknya. Namun, jika memang saat ini anda ingin mencoba membuat nasi tumpeng sendiri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar nasi tumpeng anda jadi menarik dan menggugah selera. Apa saja tipsnya? Ini dia!

1.      Gunakan Nasi Ketan/Pulen

Salah satu ciri khas dari nasi tumpeng adalah nasinya yang dibuat bentuk kerucut. Agar nasi mudah dibentuk, perlu cara khusus yaitu dengan memilih beras yang tepat, bisa menggunakan nasi yang pulen atau menggunakan bahan campuran berupa beras ketan. Tekstur nasi ketan yang lembek dan sedikit lengket, akan sangat memudahkan nasi dibentuk dalam rupa kerucut.

2.      Gunakan Lauk Ukuran Besar

Cara lainnya agar tampilan nasi tumpeng jadi menarik adalah dengan menambahkan lauk dengan ukuran yang besar, tidak perlu banyak cukup satu atau beberapa saja. Biasanya, dapat menggunakan lauk ayam utuh tanpa dipotong yang sudah dimasak seperti di goreng atau ayam bakar. Bentuk lauk yang besar bisa jadi cara untuk menarik perhatian orang serta untuk membuat tampilan nasi tumpeg lebih memikat.

3.      Pakai Campuran Aneka Sayur

Penggunaan warna-warni pada makanan memang menjadi salah satu tips lainnya yang juga dapat diterapkan saat ingin membuat nasi tumpeng, hanya saja pewarna yang digunakan disini bukanlah pewarna makanan buatan, melainkan dari aneka sayur yang beragam bentuk serta warna. Pilih beberapa jenis sayuran yang memiliki warna berbeda lalu tata sebaik mungkin untuk menjadi tambahan makanan sekaligus hiasan pada sajian nasi tumpeng. Beberapa jenis sayuran yang bisa dipakai sebagai pelengkap nasi tumpeng adalah, kacang panjang, mentimun, wortel, daun seledri, tomat, terong dan lainnya. Cara ini juga bisa anda terapkan saat ingin pesan nasi tumpeng kepada orang lain.

4.      Cita Rasa Dan Tata Letak

Dalam sebuah makanan, cita rasa memegang peranan penting. Untuk itulah, sebelum nasi tumpeng disajikan, pastikan terlebih dahulu rasanya. Jika dirasa sudah cukup enak, terutama untuk bagian nasi dan lauk pauk, maka anda bisa melanjutkan ke tahap penyusunan dan penataan nasi tumpeng. Umumnya, nasi diletakkan di bagian tengah, sementara untuk sayur dan lauk diletakkan pada bagian samping nasi hingga mengelilingi nasi tumpeng. Tata letak yang rapi dan baik akan menjadi faktor lainnya yang dapat membuat tampilan nasi tumpeng jadi semakin menarik.

5.      Tambahkan Hiasan Alami

Banyak ide kreatif yang bisa diterapkan pada nasi tumpeng untuk dapat dijadikan hiasan alami guna mempercantik tampilan, misalnya saja buah tomat yang dibentuk menyerupai bunga, irisan wortel aneka bentuk, cabe besar yang diiris ujungnya, mentimun yang dibentuk mirip burung atau lainnya. Berbagai macam hiasan alami dari bahan sayur atau buah boleh diletakkan pada sajian nasi tumpeng.

Untuk melengkapi sajian nasi tumpeng agar rasanya semakin nikmat, anda juga bisa menambahkan sambal, bisa sambal terasi, sambal kacang, sambal matah atau jenis sambal lainnya. Semoga tips tadi bermanfaat, selamat mencoba!

(Visited 16 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *