5 Hal Penting Yang Harus Diketahui Saat Ingin Membuka Deposito, Mulai Dari Bunga Deposito Hingga Jangka Waktu!

Banyak diantara kita yang masih mengira bahwa deposito sama dengan tabungan. Padahal, jika dilihat lebih jauh, ada perbedaan antara keduanya. Deposito yang memang termasuk salah satu produk perbankan, kini mulai banyak digunakan oleh orang sebagai simpanan untuk tujuan jangka panjang. Apa yang membedakan deposito dengan tabungan biasa? Perbedaannya ialah pada sistem setoran dan penarikan dana. Jika tabungan bisa kita akses kapanpun, mau setor atau tarik tunai kapanpun bisa saja kita lakukan, namun tidak dengan deposito. Deposito memiliki ketentuan waktu yang ditetapkan untuk nasabah bisa melakukan setoran dan penarikan. Aturan akses penarikan yang ketat dan berjangka inilah yang membuat deposito jadi pilihan bagi mereka yang ingin memiliki simpanan secara lebih aman, dalam artian tidak bisa sembarangan diambil.

Ada beberapa hal penting terkait deposito yang perlu diketahui seperti adanya risiko yang mungkin dihadapi seperti pinalti atau potongan jika melanggar aturan, pilihan jangka waktu pengambilan serta suku bunga deposito . Pada kenyataannya, deposito tidak hanya sekedar sarana penyimpanan uang, melainkan juga sebagai investasi. Ya, suku bunga deposito yang nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa, menjadi pertimbangan utama mengapa banyak orang akhirnya tertarik untuk memiliki deposito. Jika saat ini anda juga berencana membuka rekening deposito, perhatikan beberapa hal berikut ini.

1.      Memilih Bank

Ada banyak bank yang bisa anda pilih untuk membuka deposito. Namun, sebelum benar-benar menjatuhkan pilihan pastikan terlebih dahulu bagaimana track record bank tersebut. Setidaknya, pastikan bahwa bank yang dipilih dapat memberikan jaminan keamanan terhadap simpanan anda serta bank tersebut hendaknya memenuhi standar dari Bank Indonesia. Pilih bank yang sudah terbukti memiliki reputasi baik, layanan yang memuaskan, mampu memberikan kemudahan serta menyediakan beragam fasilitas yang dapat semakin memudahkan nasabah dalam kepengurusan dan sebagainya. Dengan begitu, anda merasa aman, nyaman dan tenang menitipkan uang anda pada bank dalam bentuk deposito.

2.      Jangka Waktu

Hal lain yang perlu diketahui khususnya bagi anda yang baru pertama kali memiliki deposito adalah jangka waktu yang diberikan untuk penarikan dana ada beberapa macam, ada yang 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun dan lainnya. Nasabah bisa memilih jangka waktu sesuai dengan kebutuhan. Jangka waktu ini turut berpengaruh terhadap besarnya bunga deposito. Untuk itu, pilih jangka waktu yang memang sesuai dengan kondisi serta kebutuhan anda. Mengetahui sejak awal berapa jangka waktu yang tepat untuk diambil, akan memudahkan anda dalam memperhitungkan perbandingan bunga deposito antara satu bank dengan bank lain.

3.      Suku Bunga Deposito

Masing-masing bank mungkin memberikan nilai bunga deposito yang berbeda-beda. Untuk itu, ketahui besaran bunga deposito yang diberikan setiap bank yang ingin anda pilih. Lalu, bandingkan antara bank tersebut, mana yang mampu memberikan bunga tinggi. Semakin besar nilai bunga deposito, maka peluang keuntungan anda juga semakin besar.

4.      Biaya Deposito

Untuk mencegah masalah di kemudian hari, tidak ada salahnya untuk menanyakan sejak awal mengenai berbagai biaya yang mungkin dikeluarkan, seperti misalnya apakah ada biaya yang harus dibayar saat pengurusan administrasi, berapa biaya yang dikenakan untuk pinalti dan lainnya. Hal ini perlu anda konfirmasi kepada pihak pelayanan bank tempat anda akan membuka deposito. Dengan begitu, anda bisa melakukan perencanaan biaya serta menghindari timbulnya biaya tambahan.

5.      Fitur Yang Didapatkan

Beberapa bank ada yang memberikan fitur untuk kemudahan nasabahnya. Tanyakan mengenai hal ini, fitur apa saja yang bisa anda dapatkan atau gunakan sebagai nasabah. Biasanya fitur seperti Automatic Roll Over yang paling banyak disediakan oleh bank. Fitur ini memberikan kemudahan kepada nasabah dalam hal transaksi terutama dalam perpanjangan deposito secara otomatis.

(Visited 7 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *