5 Menu MPASI 8 Bulan ke Atas Sederhana untuk Si Kecil

Apa si kecil sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI? Terkadang Anda mungkin akan merasa bingung menu apa yang akan diberikan untuk snag buah hati. Terlebih lagi fase si kecil yang sudah mulai makan ini tentunya merupakan hal yang menyenangkan bagi setiap orang tua. Nah berikut beberapa menu MPASI 8 bulan ke atas yang sederhana dan menyehatkan.

  1. Bubur Pisang Susu

Untuk membuat bubur pisang susu sebagai makanan pendamping ASI untuk sang buah hati tentunya sangat mudah. Bahan yang dibutuhkan juga relatif sederhana dan dapat dengan mudah Anda dapatkan. Sesuai dengan namanya untuk membuat bubur pisang susu Anda hanya membutuhkan buah pisang dan susu kental manis.

Cara membuatnya cukup mudah Anda hanya perlu menghaluskan buah pisang dan campurkan sedikit susu kental manis ke dalamnya. Untuk tingkat kekentalannya sendiri dapat disesuaikan dengan selera. Resep MPASI 8 bulan ini sangat cocok untuk si kecil karena teksturnya yang cenderung lembut dan rasanya yang menyerupai susu yang biasa dikonsumsi sang buah hati.

  1. Bubur Beras Merah Kombinasi Sayur dan Daging Ayam

Untuk dapat membuat bubur dengan tekstur yang lembut, Anda bisa menumbuk berasa hingga berubah menjadi tepung atau memasaknya dengan perbandingan 1:9. Sedangkan bahan tambahan yang perlu Anda persiapkan adalah sayur bayam dan wortel yang sudah dikukus dan dicincang sampai halus. Untuk rasa gurihnya Anda bisa menambahkan keju parut atau sedikit garam halus.

Sajikan bubur beras merah dengan kombinasi sayur dan daging ayam ini kepada si kecil selagi masih hangat. Bahkan sisa bubur yang sudah dimasak ini juga bisa Anda berikan untuk makanan si kecil berikutnya. Tunggu hingga dingin dan simpan ke dalam kulkas dengan keadaan tertutup. Panaskan kembali jika hendak disajikan untuk sang buah hati. Praktis bukan?

  1. Pure Jagung Manis

Membuat pure jagung manis juga cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan jagung manis pilihan dan susu formula cair. Cara membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu kukus jagung manis hingga lunak dan haluskan. Kemudian tambahkan susu formula cair ke dalamnya sedikit demi sedikit. Untuk kekentalannya dapat disesuaikan dengan selera.

  1. Bubur Kacang Hijau Kombinasi Wortel

Kacang hijau tak kalah bergizi dengan menu MPASI lainnya. Terlebih lagi jika dikombinasikan dengan wortel yang kaya akan vitamin A. Tentunyaasupangizinyaakansemakin optimal. Bubur kacang hijau kombinasi wortel ini juga sangat lezat di sajikan selagi hangat. Sedangkan untuk menyimpannya sama dengan bubur beras merah kombinasi sayur dan daging ayam.

Cara pembuatannya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan kacang hijau yang sudah direndam dan dikupas dengan wortel yang sudah dikukus. Kemudian sangrai kacang hijau itu lalu haluskan. Di sisi lain rebus jus wortel hingga volume air menjadi setengah dari sebelumnya. Lalu gunakan air tersebut untuk campuran kacang hijau yang sudah dihaluskan tadi.

  1. Bubur Kentang Gurih

Selain beras merah, kentang juga bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik bagi snag buah hati. Caranya haluskan kentang yang sudah dikukus. Kemudian masak di dalam panci dan campurkan susu formula cair. Agar lebih harum, Anda bisa menambahkan peterseli yang dicincang halus. Bubut kentang gurih ini tentunya menjadi menu MPASI yang lezat dan bergizi.

Nah di atas merupakan beberapa menu MPASI 8 bulan yang bisa Anda buatkan untuk snag buah hati. Pastikan untuk membuatnya secara bergantian agar si kecil tak mudah bosan. Tak hanya menjadi menu MPASI yang lezat saja, resep MPASI di atas tentunya sangat bergizi untuk sangĀ  buah hati.

(Visited 29 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *