Aspek yang Harus Diperhatikan agar Tumbuh Kembang Anak Ideal

Bagi orang tua, membesarkan seorang anak harus diperhatikan secara baik agar perkembangan yang dimiliki oleh anak tersebut dapat baik pula. Seiring dari pertambahan usia yang dimiliki oleh anak, perkembangan yang terjadi juga akan bertambah dari segala aspek. Berikut aspek-aspke yang harus diperhatikan oleh Anda agar tumbuh kembang anak dapat idel.

  1. Tinggi Badan dan Berat Badan

Anda sebaga orang tua, tentunya harus perlu memerhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak berdasarkan dari hal yang nampak di mata atau sangat mudah untuk dilihat, yakni dengan memerhatikan pertumbuhan fisik yang dimiliki oleh anak. Anda daat mecobanya dengan mengukur tinggi dari anak.

Anak yang telah menginjak usia 1 tahun, maka pertumbuhan fisik yang paling ideal adalah mempunyai tinggi 60 cm hingga 70 cm. Berat badan ideal dari anak tersebut adalah pada kisaran 10 kg hingga 11 kg.

Sedangkan, bila Anda mempunyai anak yang menginjak usia 2 tahun, maka tinggi ideal yang dimiliki anak adalah 87 cm hingga 94 cm. Berat ideal yang dimiliki oleh anak tersebut juga bertambah bila dibandingkan dengan masa usianya 1 tahun yakni pada kisaran 12 kg hingga 14 kg.

  1. Lingkar Kepala Anak

Selain dari tinggi dan berat badan yang dimiliki oleh anak, aspek yang harus diperhatikan untuk mengetahui tumbuh kembang anak yang ideal adalah pada lingkar kepala dari buah hati Anda. Anda dapat menggunakan pita ukran maupun meteran untuk mengukur lingkar kepaa tersebut. Pengukuran lingkar kepala pada biasanya sangat jarng dilakukan oleh Anda.

Maka dari itu, Anda sebaiknya selalu memastikan perkembangan anak agar optimal dengan mengetahui ukuran lingkar kepala dari sang anak. Biasanya anak yang menginjak usia 1 tahun, akan mempunyai lingkar kepala 43 cm hingga 46 cm. Namun berbeda bila anak tersebut telah menginjak usia 2 tahun yakni dengan ukuran lingkar kepala 44 cm hingg 47 cm.

Pada idealnya, setiap tahunnya lingkar kepala yang dimiliki oleh anak akan bertambah 2 cm. Namun, bila anak tersebut mempunyai kelebihan atau kekurangan lingkar kepala dari besaran yang telah diperkirakan sesuai dengan usia yang diinjaknya, maka Anda sebagai orang tua tak perlu khawatir akan masalah tersebut.

Namun, bila selisih hitung lingkar kepala dari sang anak yang diukur dengan perkiraan besaran ukuran lingkar kepala sesuai dengan usianya, maka alangkah baiknya untuk menanyakan masalah tersebut dengan berkonsultasi pada dokter. Hal tersebut dikarenakan agar dapat diketahui permasalahan yang dialami oleh anak Anda.

  1. Kognitif

Kemampuan dalam bernalar dan berpikir dari sang anak juga harus Anda perhatikan. Selain dengan memberikannya pendidikan formal yang baik dikemudian hari, namun Anda juga dapat mengembangkannya sejak usia anak yang masih dini. Cara yang dpat dilakukan untuk mengembangkan aspek koginitf tersebut adalah dengan mengajaknya untuk bermain puzzle.

  1. Bahasa

Aspek yang satu ini juga tidak dapat dikesampingkan. Hal tersebut dilakukan agar anak dapat berkomunikasi, menyampaikan kemauan serta alat untuk berkespresinya. Penggunaan bahasa akan sangat membantu anak agar dapat mengembangkan perspektif hingga melakukan eksplor dunianya yang lebih luas.

  1. Emosi

Kemampuan yang dimiliki oleh anak dalam mengolah rasa serta melakukan manajeman emosi sangat diperlukan. Hal tersebut dengan maksud agar pada suatu saat, anak Anda akan tumbuh dewasa dan dapat memiliki bekal hidup untuk bisa menghadapi dunia. Salah satunya adalah dnegan pengelolaan esmosi yang baik.

Demikian aspek-aspek yang harus diperhatikan oleh Anda sebagai orang tua agar mendapatkan tumbuh kembang anak yang ideal. Pengembangan harus dilakukan sejak dini, agar nantinya dapat menjadi bermanfaat bagi sang anak untuk dikemudian hari. Semoga bermanfaat.

(Visited 27 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *