Cara Perawatan Rem ABS yang Mudah pada Sepeda Motor

Keamanan pada sepeda motor adalah hal yang utama. Aspek tersebut salah satunya didukung oleh penggunaan rem yang tepat. Terdapat berbagai cara yang dilakukan oleh Anda untuk dapat merawat rem agar keamanan pada saat menggunakan sepeda motor terjamin. Berikut cara perawatan rem ABS yang mudah dilakukan pada sepeda motor Anda.

  1. Jangan Mengocok Rem Terlalu Dalam

Anda yang sering menginjak pedal rem terlalu sering ternyata dapat menyebabkan rem blong. Padahal kebiasaan ini seringkali dilakukan oleh pengendara motor pada saat mengerem mendadak. Biasanya rem mendadak dialami oleh pengendara pada saat dalam keadaan darurat. Bila tidak, maka jangan lah untuk melakukan pengereman mendadak.

Menginjak pedal rem yang terlalu sering pada saat berkendara akan menyebabkan timbulnya sinyal yang dikirim namun tidak dibutuhkan oleh sesnsor sistem tersebut. Anda yang sering melakukan pijakan demi pijakan pada pedal akan membuat sensor mengalami aus untuk lebih cepat.

Bila sensor mengirimkan sinyak yang salah pada sistem tersebut maka akan beralih ke posisi mengunci sekalipun pengemudi tidak melakukan pengereman. Hal tersebut akan menbuat berkendara menjadi tidak nyaman.

  1. Pembersihan Sensor

Cara yang paling mudah untuk Anda lakukan dalam mencegah sistem rem tersebut yang bermasalah adalah dengan membersihkan sensornya. Sensor yang dimiliki oleh sistem tersebut terletak pada kapiler rem yang apabila ingin membersihkannya harus dilakukan dnegan sangat hati-hati.

Bila kapiler dari rem tersebut sudah rusak dan uas, lalu Anda akan memperbaikinya di bengkel motor terdekat, maka bengkel tersebut alangkah baiknya telah memahami tentang sistem pengereman teresebut. Hal ini dikarenakan, dengan penggunaan prinsip kehati-hatian untuk mengganti kapiler yang rusak sangat perlu diperhatikan.

Jika pihak bengkel tidak berhati-hati dalam memperbaikinya, maka sensor tersebut dapat saja rusak yang akan berakibat pada fungsi ABS menjadi tidak normal. Pada saat Anda ingin membersihkan sensor tersebut, Anda dapat menggunakan cairan spray pembersih yang banyak dijual di toko onderdil.

Pembersihan sensor tersebut dapat dilakukan sebanyak dua bulan sekali. Bagian terpenting untuk dibersihkan adalah pada bagaian yang bermagnet. Namun, perlu juga Anda ketahui bahwa sensor yang dalam kondisi kotor juga akan mempengaruhi kerja dari sistem pengereman tersebut.

  1. Mengganti Minyak Rem

Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk merawat rem dengan sistem tersebut adalah dengan mengganti minyak pada rem. Hal tersebut dapat dilakukan untuk mencegah rem bermasalah. Bila minyak rem sudah berkurang, maka Anda dapat segera untuk menggantinya dengan minyak rem yang baru.

Hal tersebut dikarenakan mekanisme dari rem dengan sistem tersebut juga akan bergantung pada adanya minyak rem. Anda juga harus memperhatikan tanggal kadaluarsa yang dimiliki oleh minyak rem itu sendiri.

Selain itu juga harus memperhatikan tabung minyak rem yang terdapat ruang udara yang dapat memunculkan bakteri ataupun unsur yang kimia lain yang dapat terbawa dengan udara. Pada keadaan inilahterjadi sebuah reaksi kimia yang cukup besar, sehingga kualitas dari olipun juga akan berubah.

Anda juga harus memperhatikan indikator dari sistem pengereman tersebut untuk mengecek kondisi dari rem.Langkah ini harus dilakukan dengan sangat teliti untuk memastikan kondisi dari rem dalam kondisi yang baik.

Demikian cara mudah untuk merwat rem dengan sistem ABS pada sepeda motor. Cara ini dapat dilakukan di rumah untuk merawat dang mengecek kondisi rem dari motor yang Anda miliki. Jangan sampai keadaaan dari rem buruk yang dapat mengakibatkan hal yang tidak diinginkan pada saat berkendara.

(Visited 17 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *