Inilah Beda Mentega Putih dan Lemak Lain dalam Bahan Pembuat Kue

Dalam pembuatan kue atau roti, dibutuhkan lemak setengah padat yang gunanya untuk mengemulsi, melembutkan dan memberikan rasa pada kue tersebut. Ada banyak jenis lemak yang bisa digunakan untuk membuat kue, baik lemak hewani maupun nabati. Bagi para baker baru, mungkin masih belum bisa membedakan semua jenis lemak dan masih sering salah pilih sehingga kue yang dihasilkan menjadi aneh. Untuk itu sebelum memilih bahan yang akan digunakan, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu perbedaan jenis lemak seperti mentega putih dan margarin.

Mentega disebut juga sebagai butter yang merupakan jenis lemak hewani dari susu sapi. Karena dibuat dari lemak hewani, mentega sering dihindari bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Namun mentega memiliki rasa yang gurih khas susu dan bisa melembutkan kue dengan sangat baik. Mentega memiliki titik leleh pada suhu 33 derajat sehingga bagi Anda yang bermukim di wilayah panas, harus menyimpan mentega di lemari pendingin.

Margarin merupakan jenis lemak nabati yang terbuat dari kelapa sawit. Margarin lebih aman bagi kesehatan karena menggunakan lemak tak jenuh. Mengandung 16 persen air dan memiliki warna kuning yang lebih cerah dibandingkan dengan mentega. Margarin tidak memiliki bau susu seperti mentega sehingga sering dicampur mentega untuk mendapatkan aromanya. Titik leleh margarin cukup tinggi yaitu hingga 40 derajat sehingga lebih aman disimpan di suhu ruangan.

Mentega putih juga disebut sebagai shortening. Terbuat dari lemak nabati, lemak hewani atau campuran keduanya. Memiliki warna putih tanpa aroma susu dengan kandungan air hingga 0 persen, membuat jenis ini mengandung lemak penuh. Titik lelehnya lebih tinggi hingga 44 derajat Celcius sehingga aman untuk Anda yang tinggal di kota dataran rendah.

Untuk membeli aneka jenis lemak yang dibutuhkan dalam pembuatan kue, Anda bisa mendapatkannya dengan lengkap dan terjangkau di Toko Wahab yang menjual mentega, margarin, dan unsalted butter yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. selain lemak, Anda juga bisa membeli tepung, gula halus, coklat batangan dan berbagai jenis keju untuk perasa kue yang dibuat.

(Visited 5 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *