Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Cara Tepat Memilih Aquarium Mini

Ternyata memilih aquarium tak hanya asal pilih yang sesuai dengan keinginan saja. Nyatanya ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih aquarium yang tepat untuk mempercantik hunian Anda. Terlebih lagu tidak ada satu saja aquarium yang pas untuk semua orang. Jadi jangan sampai salah pilih, ini cara tepat memilih aquarium mini untuk hiasan.

Pilih Aquarium Kaca atau Akrilik

Poin pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih aquarium yang tepat adalah bahan pembuatan aquarium. Pada umumnya bahan pembuatan aquarium mini ada dua jenis yaitu bahan kaca dan bahan akrilik. Ya sudah barang tentu aquarium kaca cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau dan lebih tahan terhadap goresan.

Namun sebaliknya, aquarium yang terbuat dari bahan akrilik cenderung memiliki harga yang lebih mahal dan rentan terhadap goresan. Meski begitu, jenis aquarium yang satu ini cenderung lebih kuat menahan tekanan air karena sifatnya yang anti pecah. Lain halnya dengan aquarium kaca.

Jika Anda termasuk orang yang sering berpindah tempat atau sering memindah posisi aquarium maka, pilihan terbaik yang perlu Anda lakukan adalah dengan memilih aquarium akrilik. Tak hanya memiliki sifat yang anti pecah saja, jenis aquarium yang satu ini juga cenderung lebih ringan. Jika Anda tinggal di daerah rawah gemap, maka aquarium yang satu ini cocok jadi pilihan.

Meski jenis aquarium kaca cenderung tahan terhadap goresan, namun jangan khawatir. Pasalnya goresan pada aquarium akrilik juga bisa diperbaiki agar tetap terlihat baru. Tak hanya itu saja, jika dilihat dari pertimbangan estetika aquarium akrilik juga cenderung memiliki yang lebih beragam. jadi poin terpenting yang perlu diperhatikan sebelum membelinya adalah bahan pembuatannya.

Ukuran Minimal Aquarium

Poin selanjutnya yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih aquarium adalah menentukan ukuran minimal aquarium yang Anda butuhkan dan menentukan seberapa banyak ikan yang bisa tumbuh di dalamnya. Jika aquarium yang Anda pilih tidak bisa memberikan ruangan yang cukup, maka sebaiknya Anda memilih jenis ikan lainnya.

Tak hanya itu saja, dengan memilih aquarium yang lebih besar tentu Anda juga bisa memberikan lingkungan hidup yang lebih baik pula untuk ikan peliharaan Anda. Terlebih lagi volume air yang besar juga mampu melarutkan racun dengan lebih baik. Tak hanya itu saja, aquarium yang lebih luas juga memilki putaran air yang lebih luas sehingga ikan terhindar dari periode stres.

Kemampuan Permukaan Lantai untuk Menampung Beban Aquarium

Hal yang perlu pertimbangan khusus jika Anda kurang menyukai aquarium dengan ukuran mini adalah seberapa besar kemampuan lantai untuk menampung beban manusia dan furnitur yang ada. Pasalnya pada umumnya 100 liter air di dalam aquarium tanpa memperhitungkan aksesoris di dalamnya memiliki berat hampir mencapai 100 kg. Jadi sangat penting untuk menghitungnya.

Jika Anda berkeinginan untuk membeli aquarium dengan ukuran besar, pastikan Anda meminta bantun profesional yang ahli di bidangnya untuk memperhitungkan bahwa tebal kaca aquarium, lantai, dan dinding akan mampu menahan beban aquarium yang Anda pilih.

Setelah memperhitungkan luas dan beban yang bisa ditopang oleh tanah atau bahkan meja dan furnitur yang akan digunakan untuk menyangga aquarium. Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menentukan ukuran maksimal aquarium. Pastikan aquarium yang Anda pilih tidak melebihi kemampuan yang sudah diperhitungkan.

Di atas merupakan beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memilih aquarium. Hal di atas tentunya akan membantu Anda menentukan jenis dan ukuran aquarium yang tepat dan sesuai kebutuhan. Anda juga bisa mendapatkan aquarium mini dengan berbagai model da bahan pembuatannya hanya di jakmall.com.

(Visited 61 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *