Mau Puasa Bertenaga? Lakukan Cara Ini sebelum Jadwal Imsak

Jadwal imsak akan memberikan tanda dengan bunyi serunai dari mesjid terdekat. Anda bisa mendengarnya dengan jelas. Kalau pun tidak, bisa melihat dari jadwal yang diberikan lewat selebaran. Selama berpuasa aktivitas tentu saja tidak terhenti untuk itu Anda perlu tenaga yang cukup agar tidak lemas. Ini cara untuk tetap bertenaga selama berpuasa.

  1. Makanan yang Bernutrisi

Setiap hari Anda tentu mengonsumsi makanan yang bernutrisi agar stamina terjaga dan memenuhi kebutuhan tubuh. Tidak terkecuali saat sedang berpuasa, bahkan harusnya mengonsumsi makanan yang nutrisinya tinggi sangat disarankan. Tujuannya agar selama berpuasa Anda tetap bertenaga.

Jam makan yang berbeda selama satu bulan Ramadhan tentu membutuhkan penyesuaian di tahap awal. Jadi Anda jangan sampai salah memilih makanan yang akan dikonsumsi. Pastikan makanan Anda mengandung protein, karbohidrat, serat, dan lemak yang baik selama melaksanakan puasa.

  1. Hindari Minuman Bergula Tinggi

Bertenaga selama bulan Ramadhan agar aktivitas tidak bermasalah, Anda perlu menghindari minuman atau pun makanan yang tinggi gula. Hal ini dapat membuat gula darah melonjak dan berisiko buruk sekali bagi penderita diabetes. Jadi kendalikan kadar gula yang dikonsumsi.

Cara lainnya bisa dengan mengalihkan kebutuhan gula tubuh lewat makanan manis seperti kurma. Jangan menaruh asumsi bahwa setiap berbuka puasa harus mengonsumsi yang manis-manis dan Anda selalu menyediakan minuman manis.

  1. Olahraga Ringan

Cara berikutnya untuk tetap bisa bertenaga selama puasa adalah melakukan olahraga ringan. Anda perlu melakukannya agar tetap menjaga stamina tubuh. Olahraga dilakukan sebelum jadwal imsak, artinya Anda bisa mencoba melakukannya di malam hari.

Tidak perlu terlalu lama, 15 menit atau maksimal 30 menit saja sudah cukup untuk membuat metabolisme tubuh berjalan lancar. Bisa juga dilakukan di sore hari menjelang berbuka puasa agar Anda tidak terlalu lama menahan jeda jika merasa haus. Pilihan lainnya bisa dilakukan di pagi hari dengan olahraga ringan berupa perenggangan.

  1. Jadwal Tidur yang Tepat

Tidak hanya jadwal makan, jadwal tidur selama puasa juga akan ikut berubah secara otomatis. Anda perlu bangun di jam 3 pagi sampai masuk waktu subuh. Ini tentu saja mengurangi jam tidur jika masih tidur di jam yang biasanya. Anda perlu mengubah jadwal tidur dengan mempercepatnya.

Sehabis pulang taraweh di jam 10 malam bisa langsung tidur sebaiknya agar jadwal tidur Anda tidak berkurang. Terlebih lagi untuk yang bekerja di pagi harinya. Ini cara yang perlu dilakukan agar tidak lemas dan tetap bertenaga selama berpuasa.

  1. Konsumsi Suplemen

Cara berikutnya agar Anda bertenaga selama berpuasa bisa dengan mengonsumsi suplemen sebelum masuknya waktu imsak. Tujuannya untuk membuat stamina Anda terjaga. Pilihlah suplemen yang tepat dengan membelinya di apotek atau melakukan konsultasi terlebih dahulu.

  1. Konsumsi Susu

Susu dapat pula menjadi sumber nutrisi yang tepat untuk dikonsumsi saat sahur. Kandungan yang ada pada susu akan membantu Anda untuk tetap fit dan bertenaga selama menjalani ibadah puasa. Minumlah susu yang hangat dengan takaran satu gelas saja. Jangan mengonsumsi secara berlebihan karena susu juga memiliki kadar gula.

Jadwal imsak sekitar lebih kurang sepuluh menit sebelum masuknya waktu subuh. Anda perlu menyiapkan makanan untuk sahur di malam harinya agar saat sahur tidak perlu lagi untuk memasak. Saat sahur juga sebaiknya tidak mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat tetapi dilebihkan pada porsi proteinnya agar Anda lebih banyak mendapatkan nutrisi.

(Visited 28 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *