Mengajarkan 5 Hal Terkait Kecerdasan Interpersonal pada Anak

Anak-anak memiliki kecerdasan berbeda-beda dan mudah sekali meniru perlakuan orang dewasa. Seringkali banyak orang tua mengira bahwa kecerdasan anak berasal dari nilai pelajaran di sekolah. Padahal, terdapat 8 kecerdasan yang bisa menonjol satu antara lain pada setiap orang.

Mengasah Kecerdasan Interpersonal

Pada anak-anak, setiap kecerdasan tersebut sebaiknya diasah. Salah satu kecerdasan yang harus diperhatikan dan dikembangan setiap saat adalah kemampuannya berinteraksi dengan orang lain. Kecerdasan ini disebut dengan kecerdasan interpersonal. Untuk mengembagkan dan mengasahnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1.     Mengajarkan dengan Mencontohkan

Anak-anak sangat mudah meniru atau menerima perlakukan yang dicontohkan oleh orang tua mereka dan lingkungan di sekitar mereka. Ingatan anak-anak bisa kuat dan bisa diinterpretasikan berbeda. Oleh karena itu, saat Anda bertindak dan berucap, Anda sebaiknya mempertimbangkan hal ini.

Mengajarkan interaksi dengan orang lain pun juga harus diperhatikan. Anda bisa mencontohkan untuk mengucapkan “maaf”, “terima kasih”, dan “minta tolong” setiap hari pada anak secara konsisten. Dengan demikian, mereka akan memahami kapan menggunakan kata-kata tersebut. Anda juga bisa menjelaskan dengan sederhana mengapa menggunakan ketiga kata tersebut.

2.     Memberikan Ruang Berekspresi

Ajarkanlah anak Anda untuk mengungkapkan ekspresi dan emosi mereka. Demikian juga Anda yang menjelaskan mengenai emosi yang sedang alami. Misalnya, menjelaskan mengenai marah mulai dari apa yang menyebabkan marah dan perasaan apa yang dialami.

Anda juga bisa mengajarkan mengungkapkan ekspresi pada anak apabila mereka sedih, kecewa, atau bosan. Anda bisa menanyakan perasaannya setelah anak pulang sekolah atau ketika keinginannya tidak terpenuhi.

3.     Mengenalkan Perbedaan

Terkadang, anak-anak akan menanyakan hal-hal mengenai perbedaan, misalnya adalah perbedaan fisik. Jelaskan dengan sederhana dan seobjektif mungkin dengan cara tidak membandingkan atau membedakan.

Berikan pemahaman pada anak bahwa ada perbedaan di lingkungan sekitar mereka. Misalnya, perbedaan keyakinan, perbedaan fisik baik secara penampilan atau mengenai disabilitas, dan juga perbedaan mengenai kelas sosial.

Pemahaman mengenai perbedaan ini mengasah salah satu 8 kecerdasan sehingga mereka bisa belajar melihat hal yang lain dan tidak mudah menghakimi.  Sikap memahami perbedaan ini sebaiknya diberikan sedini mungkin dengan cara membaca atau dari melihat perbedaan anggota keluarga.

4.     Memberikan Pemahaman tentang Rendah Hati

Banyak anak yang diajarkan untuk bisa tampil percaya diri di depan orang lain dan tidak menjadi anak pemalu. Namun, di sisi lain Anda juga sebaiknya mengajarkan anak untuk bisa bersikap rendah hati. Anak-anak bisa saja menjadi bossy atau tukang perintah pada keluarga maupun teman-temannya.

Berikan pemahaman pada anak mengenai sikap sombong, tinggi hati, dan bossy. Anda bisa mencontohkannya dengan menggunakan perkataan disertai dengan bahasa tubuh. Ajaklah anak Anda untuk belajar mendengarkan orang lain dan menghargai pendapat orang lain mulai dari Anda sendiri, saudaranya, atau teman-temannya.

Menyuarakan pendapat dan percaya diri memang penting diajarkan untuk anak. Namun, melatih rendah hati untuk mendengarkan perbedaan juga perlu dilatih sejak kecil.

5.     Mengajarkan Empati

Rangkaian dalam 8 kecerdasan interpersonal adalah mengelola empati terhadap lingkungan. Baik itu dalam bertutur kata, bahasa tubuh yang baik, dan juga bersikap pada perbedaan. Empati sangat penting dipupuk sejak dini agar anak memahami orang lain dan lingkungan. Selain itu, anak juga peduli dengan perasaan serta sudut pandang yang lain.

Empati diajarkan dari rumah mulai dari bergantian bermain dengan saudara atau temannya, makan bersama untuk melatih cara mengungkapkan perasaan, atau ketika anak mengetahui tentang perbedaan.

(Visited 10 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *