Perhatikan Hal Berikut saat Memilih Sepatu anak

Sepatu merupakan salah satu jenis alas kaki yang menutupi kaki secara penuh. Saat memilih sepatu yang akan digunakan, tentu kita akan memilih sepatu yang nyaman dan pas dengan ukuran kaki. Namun bagaimana dengan memilih sepatu anak, tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan pula, mulai dari bahannya dan ukurannya.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Sepatu anak

Memilih sepatu tentu juga tidak boleh sembarangan, termasuk saat memilih sepatu untuk anak-anak. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar anak bisa merasakan aman dan nyaman saat menggunakan sepatu. Sepatu memiliki peran yang penting, salah satunya adalah untuk melindungi kaki, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Ukuran Sepatu yang Tepat

Pertama, pastikan terlebih dahulu berapa ukuran kaki anak. Ukuran akan sangat mempengaruhi kenyamanannya. Jadi, jangan sampai salah pilih dalam menentukan berapa ukuran kaki anak Anda. Solusi paling aman adalah Anda bisa mengajak anak langsung dan mencoba sepatu pilihanya, sehingga ia bisa merasakan sendiri apakah sudah pas atau belum.

Terlalu besar atau terlalu kecil, tentu akan sangat mempengaruhi kenyamanan dan keamanannya. Jika, terlalu kecil, sepatu bisa menyakiti kaki anak, jika tetap dipaksa untuk digunakan, sepatu tersebut bisa-bisa membuat kaki anak lecet. Sebaliknya, jika kelebihan atau terlalu besar, sepatu akan mudah lepas dan ini akan membuat anak memiliki risiko terjatuh.

Jadi, penting sekali untuk memilih ukuran yang tepat. Satu lagi sebagai informasi, saat akan membeli sepatu, lakukanlah pada saat sore hari, hal tersebut dikarenakan ukuran kaki anak berada pada ukuran yang maksimal. Jika melakukan pembelian secara online, Anda bisa melebihkan ukurannya sedikit dari ukuran sepatu sebelumnya.

2. Bahan Sol Sepatu

Bahan paling baik dan paling tepat untuk anak adalah bahan yang memiliki sifat lentur dan tidak licin. Sol sepatu merupakan bagian bawah dari sepatu, jadi, pilihlah sol sepatu yang menggunakan bahan-bahan dengan sifat seperti itu. Tujuannya adalah agar anak lebih nyaman dan aman saat menggunakan sepatunya.

Selain itu, Anda juga bisa memilih sepatu dengan jenis sol yang datar, karena hal tersebut akan mempermudah pergerakannya dan menghindari terjadinya keseleo. Jadi, soal sol juga penting untuk diperhatikan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Model Sepatu dan Bahanya

Model atau gaya yang beredar di pasar tentu sangat beragam sekali, jadi Anda harus memilih dengan menyesuaikan usia dan kegiatannya. Selain itu, untuk bahannya juga harus benar-benar yang terbaik dan memberikan kenyamanan untuk anak. Anda bisa memilih sepatu dengan bahan dasar kulit dan kain yang lembut.

Bahan kain dan kulit akan memberikan ventilasi udara yang cukup baik, hal tersebut karena adanya pori-pori pada bahan kulit ataupun kain. Sepatu yang tidak memiliki ventilasi pasti akan membuat kaki mudah berkeringat, sehingga ini bisa memicu adanya kuman dan membuat bau kaki menjadi tidak sedap.

Soal model, sepatu sneaker adalah pilihan yang pas untuk anak. Sepatu sneaker sangat fleksibel, sehingga cocok digunakan dalam berbagai aktivitas. Selain itu, lebih baik pilih sepatu tanpa tali atau sepatu yang menggunakan perekat velcro, karena akan lebih aman saat digunakan dan anak bisa mengontrolnya sendiri.

Sepatu anak perlu diperbaharui setiap 3 sampai 4 bulan, karena pertumbuhan kakinya. Anda harus peka soal ini, agar tidak terjadi hambatan terhadap pertumbuhan kaki anak. Hal terpenting adalah sepatu tersebut bisa menjaga keamanan anak dan memberikan kenyamanan saat digunakan.

(Visited 16 times, 1 visits today)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *